Tips Penting untuk Membeli Mobil Bekas

Pasar pribadi untuk mobil bekas bisa menjadi ladang ranjau, tips yang tepat untuk membeli mobil bekas sangat berharga saat melakukan pembelian barang bekas. Untuk setiap mobil baru yang dibeli di Irlandia, hampir 2,5 mobil bekas dibeli. Keputusan untuk membeli mobil bekas Anda secara pribadi sebagai lawan dari dealer tidak diragukan lagi layak untuk dipertimbangkan. Kompleksitas mobil itu sendiri, dengan banyak bagian sensitif yang bergerak, berarti bahwa tidak selalu jelas apa yang harus dicari ketika membeli mobil bekas. Ini terutama benar ketika membeli mobil bekas di luar dealer tepercaya.

Apa yang harus ditanyakan saat membeli mobil bekas

Mengetahui apa yang harus ditanyakan saat membeli mobil bekas adalah kunci untuk melakukan pembelian yang terinformasi. Jalankan pertanyaan-pertanyaan ini melewati penjual dan lihat apa yang mereka katakan…

Bisakah saya melihat Buku Catatan?

Ini adalah salah satu yang jelas. Saat membeli mobil bekas, Anda harus melihat Buku Catatan. Ini harus selalu menjadi pertanyaan pertama yang Anda tanyakan saat melihat, karena Buku Catatan akan dengan cepat membuktikan legitimasi kepemilikan.

Apakah mobil pernah mengalami kecelakaan?

Setelah Anda melihat buku catatan, tanyakan kepada penjual apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan. Ini mungkin membuat penjual agak lengah, tetapi sifat respons mereka bisa menjadi indikator kejujuran yang baik. Membangun kejujuran penjual adalah tip yang bagus saat membeli mobil bekas.

Ini cat asli kan?

Ini memiliki tujuan yang sama dengan pertanyaan terakhir. Anda ingin membangun kepercayaan penjual sebelum pertanyaan kami berikutnya.

Apakah mobil memiliki riwayat servis lengkap? Bisakah saya melihatnya?

Asalkan penjual memiliki dokumentasi yang benar, Anda sekarang dapat membuktikan apakah dua jawaban terakhir yang Anda terima benar-benar jujur. Riwayat servis lengkap adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah mobil telah dirawat secara konsisten. Sebuah katalog lengkap pekerjaan yang dilakukan untuk mobil sejauh ini juga merupakan sarana yang bagus untuk mendapatkan rasa keandalan mobil dari waktu ke waktu.

Apakah mobil tersebut memiliki NCT terbaru?

NCT adalah wajib dan merupakan tanggung jawab semua pengendara untuk memastikan bahwa mobil mereka memiliki Sertifikat NCT terbaru. Jika sebuah mobil mendekati tenggat waktu NCT dan seseorang menjual, mereka mungkin khawatir jika mobil itu akan lewat. Sebuah mobil yang baru saja melewati NCT tentu saja akan memiliki harga yang lebih tinggi daripada mobil bekas dengan NCT yang menjulang.

Berapa banyak pemilik sebelumnya yang dimiliki mobil tersebut?

Anda seharusnya dapat menemukan informasi ini di buku catatan, tetapi selalu merupakan pertanyaan jitu untuk diajukan. Jika ada banyak pemilik, kecil kemungkinan mereka semua merawat mobil secara konsisten. Satu atau dua pemilik lebih disukai. Semakin sedikit pemiliknya, semakin besar peluang kendaraan tersebut dalam kondisi baik dan dapat mempertahankan nilainya.

Mengapa Anda menjual mobil ini?

Pertanyaan yang jelas tapi penting! Jika mobil bekas masih berfungsi dengan baik, mengapa menjualnya? Tentu saja, ada banyak alasan yang sah. Mereka dapat meningkatkan, telah ditawari mobil perusahaan atau membutuhkan kendaraan yang lebih besar untuk keluarga yang sedang tumbuh, dll. Tetapi adalah bijaksana untuk menempatkan penjual di tempat dengan pertanyaan ini dan melihat apa yang mungkin mereka lewatkan…

Bisakah Anda mengurangi harganya?

Tidak ada usaha tidak ada hasil! Tidak ada yang pernah beriklan dengan harga terendah. Cobalah dan mulai dari yang rendah dan dapatkan harga yang memuaskan semua pihak.
Apa yang harus dicari saat membeli mobil bekas

Salah satu tips paling penting untuk membeli mobil bekas adalah mengetahui apa yang harus dicari.

Mengetahui apa yang harus dicari saat membeli mobil bekas adalah langkah pertama untuk berinvestasi di mobil yang tepat untuk Anda. Jika Anda tahu apa yang harus dicari – ketidaksempurnaan kosmetik dapat dengan cepat mengungkapkan masalah yang berpotensi lebih serius pada mobil.
cat

Anda harus selalu berusaha untuk bertemu dengan penjual mobil bekas di hari yang kering. Air pada bodi mobil bisa berfungsi untuk menyamarkan cat kasar atau serpihan batu lepas. Saat melihat mobil, Anda harus mundur beberapa langkah dan mempertimbangkan bagaimana sinar matahari memantul dari bodi mobil secara keseluruhan. Warna bodywork mobil harus tetap konsisten sepanjang. Jika Anda menemukan bahwa cat tidak seragam, ini mungkin menunjukkan bahwa mobil telah jatuh dan diperbaiki dengan biaya murah. Saat membeli mobil bekas – kerusakan akibat kecelakaan harus selalu memicu beberapa bel alarm.

Cat juga dapat memberikan petunjuk yang lebih halus tentang sejarah mobil. Buka pintu mobil dan periksa cat braket kusen pintu yang mengunci pintu mobil. Apakah cat pada braket cocok dengan pekerjaan cat pabrik? Jika tidak, pintu kemungkinan besar telah diganti. Jika pintu aftermarket sudah diganti, mungkin ini bukan mobil bekas terbaik untuk Anda.

Kiat Teratas:

Saat Anda membuka pintu, lihat apakah keausan pada interior mobil tampak sesuai dengan jarak tempuh yang disebutkan. Jika jarak tempuh rendah tetapi Anda dapat melihat tongkat persneling yang sangat aus atau kerusakan kosmetik lainnya pada interior – jam jarak tempuh mungkin telah dirusak.

Karat

Karat menjadi perhatian utama saat membeli mobil bekas. Kehadiran karat dapat menjadi indikator bahwa beberapa struktur mobil mungkin melemah secara substansial. Karat juga dapat menimbulkan korosi dan merusak beberapa komponen internal terpenting mobil Anda. Bagian yang rusak karena karat dapat dianggap tidak berguna sama sekali dan perlu diganti. Mengetahui cara mengenali dan menilai tingkat keparahan karat adalah salah satu tips terpenting kami untuk membeli mobil bekas.

Saat memeriksa karat, sebaiknya mulai dari bagian bawah mobil. Bagian bawah mobil biasanya merupakan tempat pertama yang terkena karat. Sayangnya, ini juga merupakan area mobil yang berisi banyak bagian penting. Untuk alasan ini, idealnya, Anda memeriksa mobil bekas saat berada di lift mekanik. Bintik-bintik karat yang umum termasuk rel rangka, yang berada di bawah pintu mobil di setiap sisi, knalpot, lubang roda, suspensi, dan pada dasarnya semua komponen bagian bawah yang terbuat dari logam.

Anda harus memastikan untuk memeriksa pintu mobil bersama dengan area di sekitar kaca depan dan kaca belakang. Jika Anda melihat cat eksterior menggelegak, kemungkinan itu merupakan indikator awal karat. Jika masalah karat mobil tampak serius, mungkin sebaiknya Anda mempertimbangkan kembali pembelian tersebut.

Kiat Teratas:

Jika Anda mengalami masalah karat kecil, tidak perlu terlalu khawatir. Masalah kecil dengan karat dapat diatasi jika ditangani dengan cepat dan sebelum menyebar. Meskipun disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional tentang karat, Anda biasanya dapat menghilangkan bintik-bintik karat kecil dengan mengampelasnya.

Sikap Penjual

Ini, tentu saja, adalah salah satu tip interpretasi paling terbuka untuk membeli mobil bekas. Tetapi, ketika berhadapan dengan penjual pribadi, pendekatan mereka terhadap penjualan dapat berbicara banyak. Jika penjual tampaknya ingin terburu-buru menjual atau tidak mau menjawab pertanyaan langsung – ini bisa menunjukkan bahwa mereka tidak sepenuhnya jujur ​​tentang kondisi mobil. Beri tahu penjual bahwa Anda memerlukan waktu sendiri untuk memeriksa mobil – jika mereka ragu-ragu, mungkin Anda harus mempertimbangkan kembali pembelian Anda. Sarankan kepada penjual bahwa Anda mungkin meminta montir untuk memeriksa mobil sekali lagi. Jika penjual tidak ingin pihak ketiga melihat mobil, mereka mungkin menyembunyikan sesuatu.
Apa yang harus diperiksa saat membeli mobil bekas

Langkah pertama untuk membuat keputusan yang tepat dalam membeli mobil bekas adalah mengetahui dengan tepat apa yang harus diperiksa saat membeli mobil baru. Jalankan melalui daftar lengkap ini dan pastikan semuanya sebagaimana mestinya dengan pembelian prospektif Anda.

Periksa apakah semua garis bodywork mobil seragam.

Periksa apakah ada tanda-tanda pengecatan ulang. Penyemprotan berlebih pada karet jendela atau inkonsistensi pewarnaan pada panel bodi yang berbeda. Pengecatan ulang biasanya merupakan tanda bahwa mobil telah mengalami kecelakaan.

Periksa keausan yang tidak merata pada ban mobil. Keausan yang tidak merata menunjukkan bahwa ban mungkin tidak sejajar, yang dapat menjadi simbol dari masalah yang lebih serius.
Periksa lampu depan yang berbeda atau aftermarket. Penggantian lampu depan bisa menunjukkan mobil itu mengalami kecelakaan.

Periksa dengan hati-hati karet pedal, tongkat persneling, dan roda kemudi dari tanda-tanda keausan.
Anda harus benar-benar memeriksa odometer untuk tanda-tanda perubahan atau gangguan.
Luangkan waktu sejenak untuk memeriksa apakah kunci yang disediakan berfungsi di semua 4 pintu dan apakah ada satu set cadangan.

Anda juga harus memeriksa semua kunci yang disediakan di kunci kontak. Pastikan semua kunci dapat memulai pengapian. Terkadang kunci yang dipotong bukanlah jenis “kunci transponder” yang benar yang diperlukan untuk bekerja dengan kunci kontak mobil.

Selama test drive Anda, jika memungkinkan, buat mobil mengemudi di setiap gigi.

Selama test drive, Anda juga harus memeriksa apakah semua lampu, indikator, dan kelistrikan berfungsi sebagaimana mestinya.

Pastikan semua sabuk pengaman mobil berfungsi dengan baik.

Untuk ketenangan pikiran ekstra, gunakan Cartell.ie untuk memeriksa riwayat mobil, jarak tempuh, dan memastikan kendaraan tidak terkena pembiayaan yang belum dibayar.

Kesimpulannya

Seperti yang telah kita lihat, tidak ada kekurangan tip yang perlu dipertimbangkan saat membeli mobil bekas. Kami berharap daftar tips untuk membeli mobil bekas berguna bagi Anda di pasar mobil bekas. Ketika Anda melakukan riset dan mengajukan pertanyaan yang tepat, kemungkinan kecil Anda akan mengalami kejutan yang tidak menyenangkan setelah Anda membuat kesepakatan. Jangan lupa untuk memeriksa kembali blog Autoglass secara teratur untuk mendapatkan lebih banyak tips, daftar periksa, dan penjelasan seperti ini.