Cara Menentukan Harga Barang Bekas

Jika Anda menjual barang bekas secara online di Carousell, Anda mungkin bertanya-tanya apa cara terbaik untuk menentukan harga barang bekas. Ini bukan salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan Carousell tanpa alasan.

Cara Menentukan Harga Barang Bekas

Harga berarti segalanya bagi calon pembeli. Saya yakin Anda berbelanja online dan membandingkan harganya sebelum Anda membeli opsi termurah yang tersedia secara online sebelumnya.

Saya juga pernah ke sana.

Selain itu, mengapa Anda membayar $50 lebih untuk barang yang sama padahal Anda bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah? Saya pasti tidak akan.

Tapi, Anda tidak perlu merugi dan menjual barang bekas Anda dengan harga terendah untuk menjadi penjual yang sukses di Carousell. Saya akan membahas mengapa secara lebih rinci di bawah ini.

Untuk saat ini, coba lakukan aktivitas cepat ini; cari apa yang ingin anda jual di Carousell. Gulir daftar lain, apakah Anda melihat banyak harga berbeda untuk barang yang sama?

Harga terendah akan menarik banyak pembeli, tetapi mungkin tidak selalu menjadi pilihan terbaik. Kondisi barang mungkin sangat buruk. Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi saya tidak akan menghabiskan uang saya di sana.

Jadi pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana Anda memutuskan bagaimana menentukan harga barang bekas secara akurat untuk menarik pembeli ke tempat Anda dengan mempertimbangkan berbagai opsi lain di sekitarnya?

Ingat, harga yang tepat akan menarik gelombang pembeli yang tertarik, jadi inilah infografis yang dilakukan tim kami untuk membantu Anda memulai cara menentukan harga barang bekas di Carousell.
Infografis cara menentukan harga barang bekas di Carousell

Cara menentukan harga barang bekas di Carousell

Di sana Anda memilikinya!

Rekan Carouseller Anda dan masyarakat umum secara luas menerima empat tips dalam infografis di atas tentang harga barang bekas secara online.

Meskipun ini terdengar sangat klise, cara menjual di Carousell dimulai dengan menjadi penjual yang bertanggung jawab dan adil.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, saya akan menyentuh empat tip secara lebih rinci dan menjelaskan bagaimana masing-masing dari mereka merupakan pertimbangan penting saat Anda menentukan harga barang bekas.

1. Lakukan Riset Anda
2. Pertimbangkan Permintaan & Penawaran
3. Terapkan aturan 30%
4. Perhatikan kondisi barang Anda

Jangan ragu untuk melompat ke salah satu yang paling Anda minati untuk dipelajari. (Ssst, baca semua!)

1. Bagaimana menentukan harga barang bekas dengan melakukan riset pasar

Ingat aktivitas sebelumnya di mana Anda harus mencari bagaimana orang lain memberi harga barang-barang mereka?

Itulah yang kami maksud dengan riset pasar.

Itu selalu baik untuk memantau harga dari sesama penjual yang mencantumkan barang yang mirip dengan milik Anda. Dengan begitu, Anda tahu seberapa kompetitif harga Anda.

Sekarang, mari kita coba mencari; Saya akan membandingkan perbedaan harga iPhone X.

Cara menentukan harga barang bekas dengan membandingkan harganya dengan kompetitor lain di Carousell

Daftar di sebelah kiri berharga $100 lebih rendah. Tapi, apakah itu menjadikannya pilihan terbaik?

Menjual barang Anda dengan harga terendah adalah trik umum, tetapi di sinilah Anda harus ekstra perhatian. Harga terendah tidak selalu berarti bahwa Anda memiliki “harga yang kompetitif”.

Anda tidak perlu menjual barang dengan harga terendah untuk menjamin penjualan.

Jadi sebelum Anda menetapkan harga yang sangat rendah sehingga Anda akan menyesal, bacalah tiga tips berikutnya untuk mengetahui cara menentukan harga barang bekas yang akan membuat Anda dan pembeli senang.

Bagaimana menentukan harga barang bekas sesuai dengan permintaan & penawarannya

Mari kita lihat apa yang ingin Anda jual lagi. Coba jawab pertanyaan berikut:
1. Apakah permintaan barang Anda saat ini sangat tinggi?
2. Apakah stoknya terbatas atau langka?

Berdasarkan jawaban Anda, lihat tiga skenario yang akan saya lalui di bawah ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana menentukan harga barang bekas berdasarkan permintaan dan penawaran.

Skenario 1:

Harga barang bekas di skenario Carousell

Jika jawaban Anda untuk kedua pertanyaan adalah ya, tidak apa-apa untuk menetapkan harga tinggi karena ketersediaan dan permintaannya.

Kemungkinannya, banyak pembeli yang mau membelinya meski harganya mahal.

Skenario 2:

Harga barang bekas di Carousell tergantung permintaan dan penawarannya

Jika jawaban Anda untuk kedua pertanyaan adalah tidak, pertimbangkan situasi Anda saat ini.

Jika Anda sedang terburu-buru untuk menjual barang bekas Anda, hargailah lebih rendah dari pesaing Anda. Jika tidak, Anda dapat mendaftarkannya dengan harga yang sama dan menunggu pembeli yang tertarik.

PS, Anda mungkin membutuhkan banyak popcorn karena mungkin menunggu lama.

Skenario 3:

Cara menentukan harga barang bekas di Carousell dengan barang dengan permintaan tinggi dan penawaran tinggi

Lalu apa yang terjadi jika permintaan barang Anda tinggi, tetapi itu adalah barang standar yang dapat Anda temukan di rak?

IPhone adalah contoh utama dari situasi ini. Apa yang membuat pembeli menemukan iPhone di Carousell adalah kenyataan bahwa mereka dapat menemukan kesepakatan yang lebih baik di pasar kami.

Sekarang setelah Anda mengetahui niat pembeli dalam mencari penawaran terbaik di Carousell untuk barang-barang seperti iPhone, Anda harus menetapkan harga sedikit lebih rendah dari pesaing Anda jika Anda sedang terburu-buru.

Jika tidak, menetapkannya dengan harga yang sama dengan pesaing Anda bukanlah masalah besar. Barang Anda tetap laku seperti kacang goreng; menunggu sebentar tidak ada salahnya.

Mari beralih ke tip harga ketiga untuk barang bekas!

3. Cara menentukan harga barang bekas dengan mengikuti Aturan 30%

Aturan 30% terdengar rumit, tetapi itu hanya berarti Anda harus memberi harga barang bekas Anda setidaknya 30% lebih rendah dari harga eceran.

Mari kita hadapi itu; tidak ada yang akan membeli barang Anda jika Anda memberi harga yang sama dengan harga ecerannya sejak Anda menggunakannya sebelumnya. Tidakkah Anda akan membeli versi tangan pertama itu? Saya akan.

Sebagai patokan, Anda harus memberi harga barang bekas yang berada dalam “kondisi prima” setidaknya 30% lebih rendah dari harga ecerannya.

Semakin rendah kondisi barang Anda, semakin kecil harga yang Anda minta.

Tapi, aturan ini tidak berlaku untuk semuanya.

Aturan 30% ini berfungsi paling baik ketika barang Anda memiliki permintaan dan penawaran yang tinggi.

Catatan penting: Jangan menerapkan undang-undang ini jika barang bekas Anda memiliki permintaan tinggi dan persediaan rendah; biasanya memenuhi syarat untuk harga yang lebih tinggi dari harga eceran.

Ke tip terakhir tentang harga barang bekas Anda!

4. Bagaimana cara menentukan harga barang bekas berdasarkan kondisinya

Ingat bagaimana saya sebutkan sebelumnya bahwa kondisi barang Anda mempengaruhi bagaimana Anda menentukan harga?

Ini adalah kriteria paling penting saat menentukan harga barang bekas.

Tidak masalah bagi pembeli jika barang Anda langka dan permintaannya tinggi jika tidak dirawat dengan baik, tidak ada yang akan membelinya dari Anda.

Di Carousell, Anda dapat menunjukkan apakah barang Anda baru atau bekas. Berikut contoh di bawah ini:

Cara menentukan harga barang bekas di Carousell berdasarkan kondisinya

Jangan berhenti di situ. Anda harus secara eksplisit memberi tahu pembeli potensial seberapa baik Anda merawat barang Anda. Anda dapat memotret produk yang Anda jual dan cacatnya jika sulit dijelaskan.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana Anda dapat menggambarkan kondisi barang bekas Anda, skala 0-10 biasanya digunakan dalam komunitas online untuk menilai barang bekas mereka.
Harga barang bekas dengan wajar untuk memastikan transaksi yang menyenangkan

Anda semua siap untuk menentukan harga barang bekas setelah membaca panduan ini!

Simpan salinan infografis praktis yang kami buat sehingga Anda dapat membawa empat petunjuk ini kapan pun Anda menjual barang bekas di Carousell, atau di mana pun!

Terima kasih telah bertahan sampai akhir! Berikut adalah link yang berguna untuk Anda jika Anda membutuhkan tips tambahan untuk berjualan di Carousell:

Cara berjualan di Carousell: Hasilkan uang ekstra dari barang bekas dalam 3 langkah mudah
Tips fotografi produk: Cara mengambil foto yang layak untuk berbelanja di Carousell

Semoga berhasil mendapatkan pembeli yang tepat dengan harga yang tepat! Selamat Carousell dan jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda di sini jika Anda membutuhkan bantuan.