Tips Mengamankan Akun Twitter Anda Tetap Aman

Untuk membantu menjaga keamanan akun Anda, kami menyarankan praktik terbaik berikut:

Gunakan kata sandi yang kuat yang tidak Anda gunakan kembali di situs web lain.
Gunakan otentikasi dua faktor .

Memerlukan email dan nomor telepon untuk meminta tautan atau kode setel ulang sandi.
Berhati-hatilah terhadap tautan yang mencurigakan dan selalu pastikan Anda membuka twitter.com sebelum memasukkan informasi login Anda.

Jangan pernah memberikan nama pengguna dan kata sandi Anda kepada pihak ketiga, terutama mereka yang menjanjikan untuk mendapatkan pengikut Anda, menghasilkan uang, atau memverifikasi Anda.
Pastikan perangkat lunak komputer Anda, termasuk browser Anda, mutakhir dengan pembaruan terbaru dan perangkat lunak anti-virus.

Periksa untuk melihat apakah akun Anda telah disusupi .

Kekuatan kata sandi

Buat kata sandi yang kuat dan unik untuk akun Twitter Anda. Anda juga harus membuat kata sandi yang sama kuat dan uniknya untuk alamat email yang terkait dengan akun Twitter Anda.

Lakukan:

Buat kata sandi minimal 10 karakter. Lebih lama lebih baik.
Gunakan campuran huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
Gunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap situs web yang Anda kunjungi .
Simpan kata sandi Anda di tempat yang aman. Pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak manajemen kata sandi untuk menyimpan semua informasi login Anda dengan aman.

Larangan:

Jangan gunakan informasi pribadi dalam kata sandi Anda seperti nomor telepon, ulang tahun, dll.
Jangan gunakan kata-kata kamus umum seperti “password”, “iloveyou”, dll.
Jangan gunakan urutan seperti “abcd1234”, atau urutan keyboard seperti “qwerty.”
Jangan gunakan kembali kata sandi di seluruh situs web. Kata sandi akun Twitter Anda harus unik untuk Twitter.

Selain itu, Anda dapat memilih Perlindungan pengaturan ulang kata sandi di pengaturan Akun Anda. Jika Anda mencentang kotak ini, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon Anda, atau alamat email Anda kemudian nomor telepon jika keduanya terkait dengan akun Anda untuk mengirim tautan reset kata sandi atau kode konfirmasi jika Anda lupa.
Bagaimana menemukan pengaturan pengaturan ulang kata sandi Anda

  • Arahkan ke menu utama Anda
  • Ketuk Pengaturan dan privasi
  • Ketuk Akun
  • Ketuk Keamanan
  • Aktifkan perlindungan pengaturan ulang kata sandi

 

  • Arahkan ke Pengaturan Aplikasi Anda
  • Ketuk Akun
  • Ketuk Keamanan
  • Alihkan Perlindungan pengaturan ulang kata sandi

Gunakan otentikasi dua faktor

Otentikasi dua faktor adalah lapisan keamanan ekstra untuk akun Anda. Alih-alih mengandalkan kata sandi saja, otentikasi dua faktor memperkenalkan pemeriksaan kedua untuk membantu memastikan bahwa Anda, dan hanya Anda, yang dapat mengakses akun Twitter Anda. Hanya orang yang memiliki akses ke kata sandi dan ponsel Anda (atau kunci keamanan) yang dapat masuk ke akun Anda.

Baca artikel kami tentang otentikasi dua faktor untuk mempelajari lebih lanjut.
Periksa apakah Anda ada di twitter.com

Phishing adalah ketika seseorang mencoba menipu Anda agar memberikan nama pengguna, alamat email, atau nomor telepon dan kata sandi Twitter Anda, biasanya agar mereka dapat mengirimkan spam dari akun Anda. Seringkali, mereka akan mencoba menipu Anda dengan tautan yang mengarah ke halaman login palsu. Kapan pun Anda diminta memasukkan kata sandi Twitter, lihat sekilas URL di bilah alamat browser untuk memastikan Anda menggunakan twitter.com. Selain itu, jika Anda menerima Direct Message (bahkan dari teman) dengan URL yang terlihat aneh, sebaiknya Anda tidak membuka tautan tersebut.

Situs web phishing akan sering terlihat seperti halaman login Twitter, tetapi sebenarnya adalah situs web yang bukan Twitter. Domain Twitter akan selalu memiliki https://twitter.com/ sebagai domain dasar. Berikut adalah beberapa contoh halaman login Twitter:

https://twitter.com
https://twitter.com/login

Jika Anda tidak yakin tentang halaman login, buka langsung twitter.com dan masukkan kredensial Anda di sana. Jika Anda merasa telah terkena phishing, ubah kata sandi Anda sesegera mungkin dan kunjungi artikel akun kami yang telah disusupi untuk petunjuk tambahan.

Baca tentang email Twitter palsu untuk informasi lebih lanjut tentang phishing melalui email.
Kami tidak akan menghubungi Anda untuk meminta kata sandi Anda

Twitter tidak akan pernah meminta Anda untuk memberikan kata sandi Anda melalui email, Direct Message, atau balasan.

Kami tidak akan pernah meminta Anda untuk mengunduh sesuatu atau masuk ke situs web non-Twitter. Jangan pernah membuka lampiran atau menginstal perangkat lunak apa pun dari email yang mengaku dari kami; ini bukan.

Jika kami menduga akun Anda telah terkena phishing atau diretas, kami dapat mengatur ulang kata sandi Anda untuk mencegah peretas menyalahgunakan akun Anda. Dalam hal ini, kami akan mengirim email kepada Anda tautan reset kata sandi twitter.com.

Jika Anda lupa kata sandi Anda, Anda dapat mengatur ulang melalui tautan ini .

Peringatan masuk baru dan mencurigakan

Jika kami mendeteksi login yang mencurigakan atau saat Anda login ke akun Twitter dari perangkat baru untuk pertama kalinya, kami akan mengirimkan pemberitahuan push dalam aplikasi Twitter, atau melalui email sebagai lapisan keamanan tambahan untuk akun Anda. Peringatan login hanya dikirim setelah login baru melalui Twitter untuk iOS dan Android, twitter.com, dan web seluler.

Melalui peringatan ini, Anda dapat memverifikasi bahwa Andalah yang masuk dari perangkat. Jika Anda tidak masuk dari perangkat, Anda harus mengikuti langkah-langkah dalam pemberitahuan untuk mengamankan akun Anda, dimulai dengan segera mengubah kata sandi Twitter Anda. Harap diperhatikan bahwa lokasi yang tercantum dalam pemberitahuan adalah perkiraan lokasi yang berasal dari alamat IP yang Anda gunakan untuk mengakses Twitter, dan mungkin berbeda dari lokasi fisik Anda.

Catatan: Jika Anda masuk ke akun Twitter Anda dari browser penyamaran atau browser dengan cookie dinonaktifkan, Anda akan menerima peringatan setiap kali.
Peringatan pembaruan alamat email

Setiap kali alamat email yang terkait dengan akun Twitter Anda diubah, kami akan mengirimkan pemberitahuan email ke alamat email yang sebelumnya digunakan di akun Anda. Jika akun Anda disusupi, peringatan ini akan membantu Anda mengambil langkah untuk mendapatkan kembali kendali atas akun Anda.

Mengevaluasi tautan di Twitter

Banyak pengguna Twitter memposting tautan menggunakan penyingkat URL, seperti bit.ly atau TinyURL, untuk membuat tautan unik yang dipersingkat yang lebih mudah dibagikan di Tweet. Namun, penyingkat URL dapat mengaburkan domain akhir, sehingga sulit untuk mengetahui ke mana tautan itu pergi.

Beberapa peramban, seperti Chrome dan Firefox, memiliki pengaya gratis yang akan menunjukkan kepada Anda URL yang diperluas tanpa Anda harus mengekliknya:

  • Ekspander URL untuk Chrome
  • Ekspander URL untuk Firefox

Secara umum, harap berhati-hati saat mengklik tautan. Jika Anda mengklik tautan dan tiba-tiba menemukan halaman yang mirip dengan halaman login Twitter, jangan masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Sebagai gantinya, buka twitter.com dan masuk langsung dari beranda Twitter.

Jaga agar komputer dan browser Anda tetap mutakhir dan bebas virus

Perbarui browser dan sistem operasi Anda dengan versi dan tambalan terbaru—tambalan sering kali dirilis untuk mengatasi ancaman keamanan tertentu. Pastikan juga untuk memindai komputer Anda secara teratur dari virus, spyware, dan adware.

Jika Anda menggunakan komputer umum, pastikan Anda keluar dari Twitter setelah selesai.

Pilih aplikasi pihak ketiga dengan hati-hati

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dibangun di platform Twitter oleh pengembang eksternal yang dapat Anda gunakan dengan akun Twitter Anda. Namun, Anda harus berhati-hati sebelum memberikan aplikasi pihak ketiga akses ke akun Anda.

Jika Anda ingin memberikan akses aplikasi pihak ketiga ke akun Anda, sebaiknya Anda hanya melakukannya menggunakan metode OAuth Twitter. OAuth adalah metode koneksi aman dan tidak mengharuskan Anda memberikan nama pengguna dan kata sandi Twitter Anda kepada pihak ketiga. Anda harus sangat berhati-hati ketika diminta untuk memberikan nama pengguna dan kata sandi Anda ke aplikasi atau situs web, karena aplikasi pihak ketiga tidak memerlukan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk diberikan akses ke akun Anda melalui Oauth. Saat Anda memberikan nama pengguna dan kata sandi Anda kepada orang lain, mereka memiliki kendali penuh atas akun Anda dan dapat mengunci Anda atau mengambil tindakan yang menyebabkan akun Anda ditangguhkan. Pelajari tentang menghubungkan atau mencabut aplikasi pihak ketiga .

Kami menyarankan Anda meninjau aplikasi pihak ketiga yang memiliki akses ke akun Anda dari waktu ke waktu. Anda dapat mencabut akses untuk aplikasi yang tidak Anda kenal atau yang menge-Tweet atas nama Anda dengan mengunjungi tab Aplikasi di pengaturan akun Anda.